0

Error “Failed To Load Resource” adalah salah satu hal paling membuat frustasi di WordPress.

Error ini memang agak sedikit sulit untuk diperbaiki karena penybab bisa berbagai hal misalnya plugin compatibility dan lain nya.

Jadi pada artikel kali ini saya akan sedikit mencoba untuk mejelaskan penyababnya dan cara mengatasinya.

Apa Itu Error “Failed To Load Resource”

Setelah melakukan beberapa research mengenai hal ini, saya menyadari banyak pengguna WordPress mengalami “Failed To Load Resource” dengan berbagai macam penyebab. Ada yang mengalami error ini karena pengembang browser mereka, ada yang di admin panel WordPress dan beberapa lainnya karena sedang melakukan task seperti upload media files.

Baca JugaCara Menambahkan Fitur Live Chat di WordPress Dengan Mudah

Seperti yang Anda ketahui, Sistem pada WordPress, plugin dan themes di jalankan melalui Skrip PHP. Skrip inilah yang akan mengirimkan sebuah request untuk berkomunikasi dengan resource yang ada pada server Anda. Ketika ada sesuatu yang mengganggu pada saat melakukan request hal inilah yang menyebabkan WordPress gagal untuk mendapatkan resource. Disinilah saat Anda akan melihat sebuah error “Failed To Load Resource”.

Cara Memperbaiki Error “Failed To Load Resource 404”

Ada begitu banyak penyebab terjadinya error “Failed To Load Resource” seperti menggunakan plugin atau themes yang sudah ketinggalan jaman atau sudah tidak mendaptakan update lagi dari pengembang, kesalahan dala melakukan konfigurasi pada URL dan plugin yang tidak kompatibel lah yang paling sering menjadi penyebab terjadinya error ” Failed To Load Resource”.

Dan inilah beberapa metode yang bisa Anda coba untuk memperbaiki nya.

1. Deactivate Plugin Antivirus Anda

Jika Anda menemukan error “Failed To Load Resource” dengan error status 400, seperti ini: “Failed to load resource: the server responded with a status of 400 () /wp-admin/admin-ajax.php” 

Ini bisa berarti ada URL dari resource yang telah berubah atau ada plugin yang mencegah WordPress untuk mengakses file secara spesifik. Dalam beberapa kasus, plugin antivirus menjadi penyebabnya dengan mencegah WordPress mengakses beberapa file yang menerutnya mencurigakan.

Jika Anda menggunakan plugin antivirus atau firewalls yang terisntall di website WordPress Anda coba disable dan lihat apakah itu memperbaiki masalah error tersebut.

2. Disable Atau Reactive Semua Plugin

Error ini juga bisa terjadi karena tidak sesuainya plugin. Untuk melihat plugin mana yang menyebabkan ini dan perlu diperbaiki, Anda bisa mencoba untuk mendisable semua plugin di website WordPress Anda. Setelah itu coba aktifkan kembali satu per satu, sambil di refresh halam setiap kali mengaktifkan plugin dan lihat apakah masalah teratasi.

Error Failed To Load Resource

Ikuti proses ini hingga Anda menumukan errornya dan menemukan plugin yang mendajadi penyebab error.

3. Update Themes dan Plugin

Beberapa pengguna WordPress mengkomplain tentang error “Failde To Load Resource” pada chrome developer console dengan pesan “the server responded with a status of 400”.

Hampir semua laporan error yang ditemukan terjadi karena themes atau plugin yang digunakan sudah ketinggalan jaman. Update plugin atau themes ke versti yang paling baru ini akan memperbaiki error tersebut.

4. Merubah Default URL di WordPress

Penyebab banyak nya kasus terjadinya error “Failed To Load Resource” ini sangat jelas. Di beberapa kasus, error seperti ini terjadi pada saat menginstall certificate SSL dan merubah website dari HTTP menjadi HTTPS.

Merubah website untuk menggunakan SSL yang berarti akan ada perubahan pada URL. Terkadang sistem pada WordPress dan plugin akan menjadi bingung dari mana dia sistem akan mengambil resource apakah melalui HTTP atau melalui HTTPS yang baru saja di pasang.

Untuk beberapa pengguna, issues seperti ini terjadi karena pada saat menginsatall WordPress masih menggunakan HTTP setelah merubahnya ke HTTPS. Yang perlu Anda lakukan hanyalah merubah URL pada WordPress Anda.

Error Failed To Load Resource

Pikirkan terlebih dahulu sebelum merubah nya, karena ini sangat beresiko, tanya terlebih dahulu kepada orang yang lebih expert sebelum merubahnya.

Saya sangat merekomendasikan untuk berkonsultasi kepada orang yang lebih paham atau tanya kepada teknikal support pada web host Anda mendapatkan bantuan.

 

wisnu

Cara Menambahkan Fitur Live Chat di WordPress Dengan Mudah

Previous article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *